AKHIRNYA UJIAN SEMESTER GANJIL TAHUN 2021/2022 USAI 

Setelah proses pembelajaran tatap muka yang diadakan di Pondok Pesantren Modern Rahmatul Asri Enrekang usai sesuai kalender pendidikan, maka empat sekolah yang ada di Pondok Pesantren Modern Rahmatul Asri Enrekang  yakni SMP, MTs, SMAdan MA Rahmatul Asri akhirnya melaksanakan ujian secara serentak dalam mengakhiri semester ganjil 2021/2022.

Pelaksanaan ujian semester ini, masih sama dengan pelaksanaan ujian sebelumnya di mana terdapat dua jenis ujian yang berlangsung. Pertama ujian lisan kepesantrenan dengan materi Bahasa Arab, Bahasa Inggris serta doa harian dan bacaan sholat menjadi bahan ujian.

Ujian lisan tersebut dilaksanakan di tanggal 27- 30 November 2021 dengan tim penguji yang berasal dari ustad dan ustadzah yang ada di Pondok Pesantren ini.

Setelah itu dilaksanakan ujian tulis untuk mengetahui pencapaian pembelajaran yang dilaksanakan selama 1 semester pelaksanaan ujian ini dilaksanakan tanggal 1 sampai 9 Desember 2021.

Pelaksanaan ujian ini cukup lama dan menguras tenaga dan pemikiran Santri santriwati. Ujian tahun inibberlangsung selama 9 hari. Hal ini disebabkan, banyaknya pelajaran yang diujikan karena terdiri dari ujian mata pelajaran umum sesuai Kurikulum Pendidikan Nasional dan Kurikulum Kementerian Agama serta ujian mata pelajaran kurikulum Kepesantrenan.

Ujian tahun ini sedikit berbeda karena diikuti lebih dari 1000 santri santriwati yang mondok di Pondok Pesantren Modern Rahmatul Asri Enrekang. Ruangan pun ikut bertambah hingga mencapai 35 ruangan dengan pengawas ruang dari ustad dan ustadzah pondok pesantren ini.

Ujian semester ini pun masih mengutamakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah mengingat Indonesia belum bisa lepas dari virus corona.

Hari ini adalah hari terakhir pelaksanaan ujian tulis dan terlihat anak-anak santri lebih ceria dari hati awal ujian dan sepertinya mereka sudah terlepas dari beban yang selama ini terpikirkan oleh para santri. 

Semoga hasil ujian yang kalian memuaskan dan kalian bisa mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan santri begitupun orang tua para santri santriwati.

Demikian reportase ini dibuat semoga bermanfaat. //MNGBC

 

Komentar
Loading...